Aplikasi PDF Terbaik di Android

Dalam dunia digital, dokumen memiliki berbagai jenis file atau ekstensi sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Berbagai jenis atau ekstensi tersebut mulai dari doc, docx, xls, dan salah satu yang paling populer adalah PDF. Bisa dibilang mayoritas jenis file yang beredar memiliki ekstensi PDF. Mulai dari hasil scan dokumen, manual book, hingga file yang akan kita upload untuk berbagai keperluan seperti mendaftar kerja kebanyakan menggunakan file jenis PDF. Walaupun file PDF sangat populer, tapi masih banyak juga yang kesulitan dengan cara mengubah JPG ke PDF sehingga kami menyarankan untuk membacanya.

Salah satu alasan kenapa PDF banyak dipakai adalah karena filenya yang sangat fleksibel. Sesuai kepanjangannya yaitu Portable Document Format, kita dengan mudah untuk mengompres, menyalin, mengubah ke dalam format lain, mengecilkan ukuran PDF, dan lain sebagainya. Selain itu, file PDF merupakan file yang bersifat multi-platform atau dapat digunakan di berbagai perangkat, salah satunya adalah Android.

Untuk Android sendiri untuk membuka file berjenis PDF sendiri sebenarnya bisa dilakukan tanpa aplikasi, atau lebih tepatnya menggunakan perantara Google Drive yang sudah terintegrasi di Android kita. Namun, dengan aplikasi bawaan tentunya memiliki fitur yang tidak selengkap aplikasi lainnya. Apa saja aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk membuka PDF di Android? Disini kami akan memberikan rekomendasi 3 Aplikasi PDF Terbaik di Android.

3 Aplikasi PDF Terbaik di Android

1. Adobe Acrobat Reader Android

Untuk nomor pertama tentunya saya memasukkan aplikasi besutan Adobe yaitu Adobe Acrobat Reader. Tentunya aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi mengingat file berjenis PDF sendiri merupakan jenis file yang dibuat dan dikembangan oleh pihak Adobe sendiri.

Jadi, tidak mengherankan apabila aplikasi ini banyak digunakan oleh banyak pengguna PC maupun Android. Di Play Store sendiri, aplikasi Adobe Acrobat Reader Android sudah diunduh sebanyak lebih dari 500 juta. Selain itu, ulasannya cukup baik dengan rating 4.6 dari 4 juta lebih pengguna.

2. WPS Office Android

Aplikasi PDF terbaik Android kedua adalah WPS Office. Bagi kalian para pelajar atau mahasiswa pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi ini karena sangat berguna disaat kita sedang belajar atau kuliah. Selain berguna sebagai pengganti Microsoft Office di Android, WPS Office bisa juga kita gunakan untuk membuka file PDF di Android.

Karena mendukung berbagai jenis file dari Word, Excel, PowerPoint, hingga PDF maka aplikasi ini dapat kalian andalkan karena akan menghemat ruang penyimpanan Android kalian. Tidak perlu mengunduh satu-persatu aplikasi untuk membuka masing-masing file, cukup dengan WPS Office. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta pengguna dan memiliki rating sebesar 4.6 dari 2 juta penggunanya.

3. Foxit PDF Reader Mobile

Selain Adobe Acrobat Reader, aplikasi Foxit PDF Reader ini merupakan salah satu alternatif aplikasi PDF yang banyak digunakan oleh banyak orang. Tampilannya yang menarik, ukurannya yang ringkas, fiturnya yang cukup lengkap menjadi daya tarik dari Foxit PDF Reader Mobile ini.

Salah satu fitur menarik dari Foxit ini adalah kita bisa menambahkan komentar dengan menggunakan menu Annotation pada bagian-bagian teks. Foxit PDF Reader Mobile sendiri sudah diunduh sebanyak 5 juta lebih pengguna Android dan memiliki rating 4.6 dari 141 ribu lebih penggunanya.

Itulah beberapa aplikasi PDF terbaik di Android menurut kami. Sebenarnya ada beberapa aplikasi lainnya yang cukup mudah untuk digunakan, namun tidak semudah dan sebagus 3 aplikasi di atas. Jika kalian memiliki Aplikasi andalan yang lain, sampaikan di kolom komentar!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *