Cara Download Windows 10 ISO Tanpa Media Creation Tool

File ISO Windows 10 menjadi kebutuhan penting jika Anda ingin membuat bootable flashdisk untuk keperluan menginstal Windows 10. Sayangnya, untuk mendapatkan file ISO ini, cara yang dibutuhkan cukup terbilang ‘ribet’ bagi sebagian orang, yakni kita harus terlebih dahulu mengunduh Media Creation Tool, baru nantinya bisa mengunduh file ISO melalui software tersebut.

Nah, bagi seseorang yang memiliki koneksi internet yang terbatas, tentu cara yang berbelit-belit ini seringkali membuat kepala pusing. Cuma, Anda sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena pada dasarnya ada sedikit “trik” sederhana yang bisa kita lakukan untuk bisa men-download file ISO Windows 10 tanpa harus men-download Media Creation Tool terlebih dahulu.

Prinsip Kerja:

Terlebih dahulu, saya ingin menjelaskan prinsip kerja dari cara ini, agar temen-temen yang membaca bisa menjalankan dan mengembangkan cara ini dengan media yang lain.

Secara singkat, situs microsoft.com memiliki sistem untuk mendeteksi “User-agent” dari para pengunjung. Jika user agent yang diterima oleh sistem microsoft adalah “komputer”, maka secara otomatis pengunjung akan diarahkan untuk mendownload Media Creation Tool, sementara jika user menggunakan user agent “mobile”, maka pengunjung akan diberikan link download file ISO Windows 10 secara langsung.

Artinya, untuk bisa mendapatkan file iso Windows 10 secara langsung tanpa Media Creation Tool, kita bisa mengakses situs Microsoft.com menggunakan handphone.

Lah, ribet amat donwload-nya musti pakai handphone!

Tenang-tenang, sabar dulu gan, sabar…

Anda tetap bisa men-download file ISO windows 10 langsung dari situs microsoft melalui komputer atau laptop. Caranya ya tentu dengan sedikit “trik” mengubah user agent browser yang digunakan.

Untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka Link Download Windows 10

Silahkan buka https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10ISO di browser Anda, saya lebih menyarankan menggunakan Chrome, karena tutorial ini menggunakan contoh dengan Google Chrome.

2. Klik icon ‘titik tiga’ di bagian kanan atas

Selanjutnya, klik icon ‘titik tiga’ dibagian kanan atas, kemudian pilih fitur lainnya, lanjut ke alat pengembang.

Lebih lengkapnya, silahkan cek gambar di bawah ini.

3. Klik icon ‘titik tiga’ di bagian kanan atas (yang kedua)

Selanjutnya, akan muncul bilah baru dan klik ‘titik tiga’ di bagian kanan atas (ini titik tiga yang berbeda dengan titik tiga yang pertama ya).

Jika sudah, silahkan pilih more tools dan klik Network conditions.

4. Ubah User Agent

Selanjutnya, silahkan ubah user agent dengan cara hapus centang pada bagian set automatically dan pilih user agent yang baru. Pastikan user agent yang dipilih ini user agent mobile ya, boleh Android, iPhone atau Blackberry. Bebas!

5. Reload / Refresh halaman download

Selanjutnya, silahkan reload atau refresh halaman download Windows 10 yang sudah dibuka pada tahap ke-1 tadi.

6. Pilih Edisi Windows

Selanjutnya, silahkan pilih edisi Windows yang akan di download dan klik confirm.

7. Pilih Bahasa

Selanjutnya pilih bahasa yang akan digunakan dan klik confirm.

8. Pilih Edisi

Selanjutnya, tinggal pilih edisi Windows 10 yang akan digunakan, apakah 64 bit atau 32 bit. Tinggal klik aja tombol download sesusai dengan edisi yang dipilih, dan proses download akan mulai berlangsung.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Jika Anda mengalamani kesulitan atau ada cara lain yang ingin dibagikan silahkan sampaikan melalui komentar di bawah ini.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *