Cara Membaca Cepat dengan Mudah dan Efektif

Berapa lama waktu yang kalian butuhkan untuk menghabiskan sebuah buku? Seminggu, sebulan? Itu waktu yang terlalu lama bukan.

Membaca memang aktivitas yang cukup melelahkan dan membosankan untuk sebagian orang. Tapi jika kalian berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, membaca bukan lagi sebuah hobi melainkan kewajiban.

Apalagi jika profesi kalian sebagai penulis ataupun blogger, pasti diharuskan mampu membaca banyak bahan untuk bisa menuangkan banyak ide dalam tulisan. Biasanya blogger banyak membaca tentang artikel untuk optimasi website miliknya. Mereka juga diwajibkan tahu mengenai apa itu SEO?, karena itulah website miliknya akan banyak pengunjung.

Membaca sebuah artikel, novel, buku pelajaran memang berbeda-beda kecepatannya. Karena kandungan isi sebuah bacaan tersebut dan gaya bahasanya juga berbeda-beda. Ada yang ringan seperti novel, mudah dan ringkas seperti artikel, ada yang berat seperti koran dan buku pelajaran.

Namun terlepas dari itu semua, setidaknya kalian tahu cara membaca cepat agar kalian juga cepat dalam memahami bacaan serta lebih efisien dalam waktu

Tips Membaca Cepat

Sebelum membaca, pastikan kalian tahu apa yang akan kalian baca. Dan beberapa tips berikut akan membantu kalian untuk membaca lebih cepat.

Pahami Daftar Isi

Kalau kalian membaca buku, pahami dulu daftar isi apa saja yang akan kalian baca. Dengan begitu di otak bawah sadar kalian ada brainstorming untuk bacaan yang akan kalian hadapi.

Temukan Kalimat Inti Pada Paragraf 

Setiap paragraf memiliki kalimat inti, yang mana jika kita membacanya dengan memahaminya kita telah memahami 50% dari paragraf tersebut. Dan kalimat yang lain adalah kalimat penjelas saja.

Jangan Membaca per Kata

Usahakan membaca banyak sekaligus dalam satu waktu dan berjalan mengalir mengikuti kata yang ada. Membaca per kata akan sangat menghambat cara membacamu untuk menghabiskan sebuah bacaan.

Jangan Mengulang Bacaan

Mengulang bacaan tidak baik saat kamu ingin membaca dengan cepat. Mengulang bacaan akan membuang banyak waktumu. Cobalah untuk tenang dan yakin dengan kalimat yang kalian pahami

Jangan Memikirkan yang Lain

Saat sedang membaca, jangan coba-coba memikirkan hal lain. Karena itu dapat membuat otak kamu tidak fokus dengan apa yang kalian baca. Taruh semua terlebih dahulu dan membacalah.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Membaca

Untuk bisa membaca cepat, beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk menunjang kecepatan saat membaca.

Jauhkan Dari HP

Jangan pernah berdekatan dengan HP saat kalian sedang membaca. Matikan notifikasinya, hiraukan terlebih dahulu atau kalau perlu matikan saja HP nya.

Cari Tempat yang Tenang

Kalian tidak akan pernah bisa membaca ditempat yang ramai dan bising. Carilah tempat yang tenang terlebih dahulu baru kalian membaca dengan tenang. Tempat yang kalian nyaman, dan tenang akan meningkatkan fokus pada otak.

Fokus

Jika kita serius dan fokus untuk membaca setiap kata, kalimat dan paragraf bacaan, kalian akan dapat meningkatkan fokus yang lebih. Sering kali orang membaca hanya sekedar membaca, bahkan tidak fokus dengan apa yang dia baca.

Latihan

Diperlukan banyak latihan untuk bisa membaca cepat dengan waktu tertentu yang dia inginkan. Dengan seringnya kita latihan dan membaca, seiring berjalannya waktu juga kecepatan membaca kalian juga akan meningkat. Jadi sering-seringlah membaca.

Nah itu dia tips yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kecepatan membaca. Bagaimana, seberapa cepatkah kalian menghabiskan 1 buku? Tulis di kolom komentar ya

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *