6 Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Cepat

Memori HP didesain tidak sebesar memori pada laptop, walaupun ada beberapa jenis HP yang mempunyai memori luar biasa. Maka dari itu banyak orang mencari cara pindahkan foto dari HP ke laptop agar lebih banyak lagi momen-momen yang terekam.

Cara memindahkan foto dari HP ke laptop juga tidak bisa sembarang dilakukan begitu saja, harus ada tahapan-tahapan yang diperhatikan agar proses memindahkan foto menjadi sempurna.

Berikut ini merupakan beberapa cara pindahkan foto dari HP ke laptop yang mudah untuk dipahami. Yuk simak artikel ini sampai habis, supaya kamu paham.

1. Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Kabel USB

Untuk memindahkan foto dari HP ke laptop, caranya mirip seperti cara menampilkan layar HP ke laptop yang menggunakan kabel USB.

Menggunakan kabel USB merupakan cara yang paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan foto dari HP ke laptop. Kamu hanya perlu mencolokkan kabel USB dari HP lalu menyambungkannya ke laptop.

Sarannya, gunakan kabel bawaan atau kabel original ketika mencolokkan kabel. Kemudian nanti akan muncul beberapa opsi di HP kamu saat menyambungkan perangkat ke laptop.

Lalu kamu pilih Transfer File untuk bisa mengakses penyimpanan HP dan pilih folder dimana tempat kamu menyimpan foto yang akan dipindahkan, dan kamu bisa menyeretnya ke file laptop.

2. Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan MicroSD

Bagi kamu yang seorang profesional dan memanfaatkan HP untuk urusan fotografi, menambah microSD merupakan pilihan yang sangat tepat.

Dengan kapasitas yang lebih besar, kamu bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya. Untuk kartu MicroSD, kamu tetap bisa menggunakan kabel USB untuk memindahkan data.

Selain itu, kamu juga bisa melepas MicroSDnya dari HP, dan menggunakan card reader untuk memperoleh kecepatan transfer foto yang lebih cepat.

3. Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Email

Jika kamu sedang berada di luar ruangan dan kesulitan memindahkan foto, kamu bisa gunakan opsi ini. Pastikan kamu mempunyai akses internet. Kamu harus memiliki dua alamat email yang berbeda dan terhubung dengan HP serta laptop.

Caranya mudah kamu kamu hanya tinggal melakukan Compose untuk membuat email baru dan pilih Attach File untuk melampirkan foto kemudian tekan Send.

4. Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Google Drive, Dropbox, atau Microsoft One Drive

Layanan cloud atau yang biasa dikenal komputasi awan merupakan sebuah hal yang sangat digemari belakangan ini. Hanya berbekal internet, kamu dapat dengan mudah untuk melakukan backup data. Sama halnya memindahkan foto, kamu juga bisa menggunakan beberapa layanan cloud.

Google Drive, Dropbox, dan Microsoft One Drive dapat diandalkan untuk memindahkan foto dari HP ke laptop.

Selama terhubung ke internet, kamu bisa dengan mudah membuat folder baru dan menambahkan file foto serta mengaksesnya ke laptop.

6. Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Flashdisk atau Hardisk Eksternal

Bagaimana jika kamu sedang tidak memegang laptop atau sedang tidak ada koneksi internet? Kamu bisa melakukan backup foto ke penyimpanan eksternal. Kamu bisa gunakan flashdisk atau hardisk eksternal untuk melakukan backup data.

Namun, pastikan HP yang kamu pakai sudah mendukung fitur USB On-The-Go (USB OTG). Tinggal colokkan ke HP kemudian pindahkan foto terlebih dulu ke penyimpanan eksternal. Dan baru pindahkan ke laptop.


Memindahkan foto dari HP ke laptop merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, namun bagi kamu yang belum paham jangan melakukan hal ini dengan sembarangan.

Khawatirnya nanti malah foto yang akan dipindahkan malah kehapus dan tidak bisa di back up lagi. Maka dari itu kamu harus memperhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian penjelasan kami terkait dengan cara pindahkan foto dari HP ke laptop, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *