Cara Mendapatkan Uang dari Google

Bukan rahasia lagi, Google sekarang telah menjadi salah satu perusahaan raksasa internet, dengan berbagai platform yang ada.

Bahkan, kalau kamu punya HP Android, sistem HP tersebut pada dasarnya merupakan milik Google lho.

Tapi apakah kamu sudah tahu, kalau melalui Google, kita bisa mendapatkan uang? Nah, hal ini yang akan kami bahas. Yuk simak caranya.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Untuk Siapa Saja

1. Membuat Blog di Blogger.com

Salah satu cara paling umum untuk mendapatkan uang dari Google adalah dengan membuat blog. Kalau kamu tidak punya biaya sama sekali, kamu bisa memanfaatkan platform Blogger milik Google.

Di platform ini kamu bisa mulai menulis, dan mulai belajar cara untuk mendapatkan banyak pengunjung. Nantinya, kamu bisa memasangkan iklan maupun berjualan melalui blog tersebut.

Hasil uang dari blog ini bisa cukup besar lho. Mulai dari beberapa juta hingga ratusan juta perbulannya.

Cara ini cocok untuk kamu yang:

  • Hobi menulis
  • Hobi hal-hal berbau teknis
  • Ingin mendapatkan pasif income

2. Menjadi Youtuber

Youtuber bukanlah profesi yang asing lagi. Bahkan tidak sedikit orang yang ingin menjadi Youtuber.

Bukan tanpa alasan, ini dikarenakan dengan menjadi Youtuber, kita bisa mendapatkan banyak uang dari Google, atau lebih tepatnya Google Adsense.

Cara kerjanya yaitu kamu harus mengupload video kemudian mencari views sebanyak yang kamu bisa. Nanti hasil views tersebut akan terkonversi menjadi uang di Google Adsense.

Untuk hasil uangnya sendiri variatif, tergantung views dan tema video yang kamu buat. Sebagai gambaran, tidak sedikit kok Youtuber yang berhasil meraup puluhan juta hingga miliaran rupiah setiap bulannya.

Cara ini cocok untuk kamu yang:

  • Kamu hobi fotografi
  • Kamu ingin expose diri kamu ke dunia maya
  • Kamu senang berinteraksi dengan banyak orang

3. Mengikuti Google Opinion Rewards

Google Opinion Rewards bekerja dengan cara membuat survey, kemudian setiap orang bisa mengisi survey tersebut untuk mendapatkan hadiah.

Aplikasi penghasil uang ini merupakan salah satu yang paling kami rekomendasikan, dikarenakan selain simpel, kamu juga tidak butuh waktu banyak untuk mengisi surveynya.

Kalau kamu ingin mencobanya, kamu cukup pasang saja langsung aplikasinya di Google Play Store, kemudian cari survey yang ingin diisi.

Setelah sudah, maka kamu akan mendapatkan uang dalam bentuk credits. Dan nanti bisa dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan.

Cara ini cocok kamu yang:

  • Hobi rebahan
  • Punya HP tapi tidak tahu dipakai apa
  • Senang mengisi survey

4. Memberikan Informasi di Google Maps

Saat kamu berkunjung ke suatu tempat dan kamu tidak kenal tempatnya, kemungkinan besar kamu akan membuka Google Maps supaya tidak kesasar.

Nah, perlu kamu tahu, setiap tempat di Google Maps itu belum semuanya ada informasi pasti. Jadi kalau kamu mau, kamu bisa coba mulai untuk jadi kontributor di Google Maps.

Menjadi kontributor ini asyik sekali lho. Selain bisa membantu orang-orang, kamu bisa mempromosikan juga daerah tempat tinggal, ditambah tentunya menghasilkan uang.

Caranya bagaimana? Mudah kok. Mulai saja cek di Google Maps, tempat-tempat yang kamu tahu, dan belum ada informasi yang relevan. Kemudian deskripsikan tempat-tempat tersebut.

Atau ketika kamu jalan-jalan, ambil foto tempat yang dikunjungi, kemudian upload foto tersebut ke Google Maps.

Dengan mengerjakan hal-hal tersebut kamu akan mendapatkan poin. Nah, poinnya bisa kamu tukar ke berbagai voucher untuk dipakai sebagai uang belanja.

Cara ini cocok kamu yang:

  • Hobi travelling
  • Hobi fotografi
  • Ingin mempromosikan daerah sendiri

5. Membuat Buku Untuk Play Books

Kamu hobi menulis, tapi kamu tidak cocok membuat blog dikarenakan hal-hal teknisnya, kamu bisa coba membuat buku untuk dirilis di Google Play Books.

Melalui Google Play Books, setiap buku yang terjual, kamu akan mendapatkan royalti, dimana uang yang didapat bervariasi (tergantung dari harga buku yang kamu jual).

Jika buku kamu berhasil menjadi best seller, bukan tidak mungkin kamu bisa meraup uang puluhan juta rupiah atau lebih hanya dari satu karya buku. Lumayan sekali, kan?

Kalau kamu tertarik, silakan pelajari dulu fitur-fitur dari Google Play Books serta cara untuk upload buku di sana. Platform ini sudah didesain sedemikian rupa untuk orang awam, sehingga akan mudah dipahami.

Cara ini cocok kamu yang:

  • Hobi menulis buku
  • Punya pengalaman yang ingin dibagikan
  • Tidak senang akan hal-hal berbau teknis

Semua cara yang dibahas di sini merupakan platform-platform resmi milik Google. Kamu bebas memilih yang manapun sesuai dengan passion dan keinginan.

Perlu dicatat, bahwa untuk mendapatkan uangnya tidak selalu instan. Kebanyakan butuh proses, yang bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Jadi kamu harus rajin. Jangan hanya dalam sehari kemudian menyerah begitu saja. Share ke teman-teman kamu, supaya mereka tahu juga ya!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *