Cara Menghapus Virus di Komputer

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak aktivitas sehari-hari yang kita lakukan pada komputer bisa menjadi salah satu jalan masuknya virus ke dalam komputer/laptop kita. Beberapa aktivitas seperti browsing di internet, menginstall aplikasi, atau menyalin data melalui hardisk eksternal (flashdisk) menjadi jalan masuknya virus.

Keberadaan virus di dalam komputer tentu sangat merugikan karena banyak hal negatif yang disebabkan virus seperti rusaknya file, komputer menjadi lemot dan lainnya. Nah jika komputer Anda terindikasi terkena virus, kali ini kami ingin membagikan cara mengatasi komputer terkena virus.

Lakukan beberapa hal berikut ini jika komputer Anda terkena virus.

4 Cara Menghilangkan Virus di Komputer

 Menggunakan Antivirus

Langkah awal yang dapat kamu lakukan ketika komputer Anda terkena virus adalah dengan menginstal Antivirus ke dalam komputer Anda. Banyak Antivirus yang dapat Anda gunakan seperti Avira, AVG, Avast, Smadav dan lainnya. Silahkan Anda install salah satu Antivirus yang Anda inginkan.

Setelah Antivirus terinstall, lakukan scanning pada sistem dan disk pada komputer Anda. Jika terdapat virus yang menghuni komputer Anda, pada hasil scanning akan muncul. Anda dapat menghapus virus tersebut secara permanen. Terakhir lakukan scanning ulang untuk memastikan bahwa komputer Anda sudah bersih dari virus atau malware.

Hapus Aplikasi atau Software Tidak Dikenal

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwa virus dapat masuk ke dalam komputer melalui aplikasi yang kita install. Untuk menghapus virus tersebut Anda dapat melihat daftar aplikasi yang terdapat di komputer Anda dengan membuka Control Panel > Program > Uninstall Program. Silahkan Anda lihat dari daftar aplikasi tersebut mana yang mencurigakan.

Oh ya, terkadang sering sekali ketika browsing internet muncul pop-up untuk install aplikasi dan tanpa sadar kita mengizinkan install aplikasi tersebut, Anda harus lebih berhati-hati ketika mengakses internet.

Menggunakan Windows Defender

Windows Defender merupakan aplikasi Antivirus bawaan dari Windows yang telah terinstall di Windows Anda. Dengan adanya Windows Defender tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang tidak memiliki aplikasi Antivirus.

Untuk menggunakan aplikasi Windows Defender cukup mudah. Anda dapat mengakses Aplikasi ini dengan membuka Setting > Update & Security. Atau Anda dapat mencarinya dengan klik Logo Windows kemudian ketikkan “Windows Defender” di kolom pencarian.

Format Partisi Hardisk

Jika beberapa cara diatas tidak mampu untuk menghapus virus pada komputer Anda ada cara yang lumayan ekstrim yakni dengan melakukan format atau menghapus secara keseluruhan file dalam satu partisi. Perlu diingat bahwa file dalam partisi (misal Drive D, E) akan terhapus secara permanen.

Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa membuka File Explore kemudian pilih partisi yang ingin dihapus kemudian klik kanan dan pilih format

Install Ulang Windows 

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk menghapus virus yang terdapat pada komputer Anda adalah dengan melakukan install ulang windows Anda. Cara ini terbukti ampuh untuk menghilangkan virus jika virus tersebut terdapat pada drive C atau berada di dalam sistem.

Untuk cara install ulang windows 10 Anda dapat mengikuti beberapa tutorial yang ada di website teknologi salah satunya di website Ubixlo.com, silahkan Anda cari artikel yang membahas perihal tersebut. 

Jangan lupa setelah melakukan install ulang, Anda juga wajib untuk melakukan Aktivasi Windows 10 agar sistem operasi Anda dapat berjalan optimal.

Itu dia 4 cara menghapus virus pada komputer yang dapat Anda coba. Lakukan dengan seksama pastikan Anda mengetahui setiap resiko dari cara yang kami bagikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *