Estimasi Pendakian Gunung Lawu dari Jakarta

Berbagai catatan perjalanan seru di gunung Lawu sudah sangat popular di kalangan pendaki gunung di Jakarta. Mulai dari eksplorasi keindahan puncak Lawu, warung di atas awam mbok Yem hingga bunga edelweis ungu maskot gunung Lawu. Dengan begitu, banyak pendaki gunung dari Jakarta yang ingin tahu keindahan gunung Lawu. Pertanyaannya, berapa estimasi waktu pendakian & biaya yang dibutuhkan untuk pendakian ke gunung Lawu dari Jakarta?

Secara singkat, pendakian gunung Lawu dari Jakarta butuh waktu 4-5 hari. Di mana, 2 hari untuk perjalanan PP Jakarta-basecamp Lawu. Dan 2-3 hari untuk pendakian gunung Lawu via jalur pendakian Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang. Untuk estimasi biaya pendakian gunung Lawu dari Jakarta adalah Rp665.000 per orang. Biaya ini sudah termasuk tiket bus pulang-pergi, simaksi, logistik dan makan saat perjalanan. Untuk detail rincian biaya dan estimasi waktu pendakian, silakan baca ulasan di bawah ini.

Estimasi waktu pendakian gunung Lawu dari Jakarta

Secara normal, estimasi waktu pendakian gunung Lawu dari Jakarta adalah 4-5 hari. Di mana, pendaki butuh waktu 2 hari untuk PP dari Jakarta – basecamp Lawu. Dan waktu ekstra 2-3 hari untuk perjalanan pendakian dari basecamp pendakian (Cemoro Sewu/Cemoro Kandang) ke puncak.

Untuk pendaki pemula dari Jakarta, kami merekomendasikan untuk mendaki gunung Lawu via Cemoro Sewu. Jalur Cemoro Sewu adalah salah satu dari 5 jalur pendakian gunung Lawu yang memiliki jalur terpendek dan paling mudah. Jarak dari basecamp Cemoro Sewu sampai Puncak Hargo Dumilah adalah 7km. Apabila kondisi fisik kamu bagus, kamu dapat mencapai puncak dalam waktu 6 jam. Idealnya, pendaki dari Jakarta menghabiskan waktu 2 hari 1 malam untuk menikmati keindahan gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Ada 3 alasan kenapa kami merekomendasikan jalur Cemoro Sewu:

  • Pertama, jalur Cemoro Sewu merupakan jalur terpendek ke puncak Lawu Hargo Dumilah (7km).
  • Kedua, waktu tempuh dari basecamp sampai puncak relatif cepat, yaitu 6-7 jam. Jadi, pendaki dapat sampai ke tempat ngecamp lebih cepat dan menikmati puncak Lawu lebih lama.
  • Ketiga, ada banyak transportasi menuju basecamp. Ada travel, ojek online, hingga bus yang bisa mengantarkan pendaki sampai depan ke basecamp Cemoro Sewu. Jadi, jika kamu kemalaman di terminal Tawangmangu atau stasiun Solo, kamu masih bisa sampai ke basecamp tepat waktu.  

Bagaimana? Sangat menguntungkan, bukan?

Okay, kami akan lanjut ke pembahasan estimasi perjalanan pendakian gunung Lawu dari Jakarta via Cemoro Sewu.

Transportasi dari Jakarta ke Basecamp Lawu

Jakarta ke basecamp Cemoro Sewu via Bus

RuteTransportasiHarga Tiket
Terminal Pondok Pinang, Jakarta – basecamp Cemoro Sewu.Bus Patas Sudiro Tungga JayaRp200.000.

Jakarta ke basecamp Cemoro Sewu via Kereta

RuteTransportasiHarga Tiket
Stasiun Pasar Senen, Jakarta – Stasiun Solo.Kereta api Brantas, kereta api Matarmaja.Rp150.000.
Stasiun Solo – basecamp Cemoro Sewu.Grab Car, Travel.Rp180.000 sekali jalan. Idealnya, satu mobil 4 orang biar hemat ongkos.

Kami merekomendasikan pendaki untuk menggunakan bus patas yang bisa langsung turun ke depan basecamp Cemoro Sewu. Alasannya sederhana, supaya pendaki tidak perlu repot gonta-ganti transportasi. Bawa tas carrier sambil pindah-pindah transportasi itu sulit, lho. Maka dari itu, kami menyarankan pendaki untuk menggunakan bus patas Sudiro Tungga Jaya. Di mana, bus ini akan menurunkan pendaki tepat di depan basecamp Cemoro Sewu.

Catatan: Waktu tempuh bus patas dari terminal Jakarta sampai ke basecamp Cemoro Sewu adalah 15 jam. Jadi, bawa cemilan di dalam bus ya, karena perjalanan sangat panjang dan butuh waktu lama.

Estimasi Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Berdasarkan data yang kami himpun, jarak dari basecamp Cemoro Sewu menuju puncak Hargo Dumilah adalah 7km. Dengan jarak tempuh sejauh itu, sebaiknya kamu mendaki dengan estimasi waktu 2 hari 1 malam. Kamu akan punya banyak waktu untuk mengeksplorasi keindahan gunung Lawu di atas gunung.

Saran kami, pada hari pertama pendakian, sebaiknya kamu naik sampai area ngecamp yang strategis. Rekomendasi tempat ngecamp yang ideal adalah area Sendang Drajat atau area Puncak Hargo Dalem (dekat warung mbok Yem). Untuk mencapai area ngecamp, waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan. Dengan syarat pendaki bertubuh sehat dan kondisi prima. Kalau ada pendaki wanita yang memiliki fisik lemah, lama perjalanan bisa mencapai 7 jam.

Ada 3 kelebihan ngecamp di area tersebut:

  • Pertama, banyak tanah lapang untuk mendirikan tenda.
  • Kedua, ada warung di atas gunung. Artinya, kamu dapat memesan kopi, jajanan dan makanan jika kamu malas masak.
  • Ketiga, jarak ke puncak sudah dekat, yaitu 1,2km. Artinya, jika kamu ingin mengejar sunrise di pagi buta, kamu dapat summit attact setelah subuh.

Setelah mendirikan tenda di area ngecamp, kamu dapat mengeksplorasi keindahan di sekitar puncak Lawu.

Catatan: Area ngecamp di Sendang Drajat atau Hargo Dalem lumayan dingin. Jika ada regu pendakian yang kedinginan, tolong segera dirawat agar tidak menggigil. Kami sudah menuliskan tutorial cara mengatasi kedinginan di gunung di sini.

Untuk detail jarak dan estimasi waktu pendakian gunung Lawu via Cemoro Sewu, silakan lihat gambar di bawah ini:

Sumber: https://napaktilas.net

Dengan manajemen pendakian yang baik, kamu dapat mendaki gunung Lawu dengan estimasi waktu 2 hari 1 malam. Apabila kamu turun dari puncak siang hari, maka kamu akan sampai basecamp pada sore hari. Karena waktu turun gunung biasanya jauh lebih cepat dari pada naik gunung. Jika badan kamu tidak lelah atau cedera, kamu bisa langsung pulang di hari tersebut.

Estimasi Total Biaya Keseluruhan Pendakian Gunung Lawu dari Jakarta

Berapa total biaya pendakian gunung Lawu dari Jakarta via Cemoro Sewu? Biaya total yang perlu kamu keluarkan sekitar Rp625.000-750.000 per orang. Untuk detailnya, silakan simak tabel estimasi biaya pendakian gunung Lawu dari Jakarta di bawah ini:

KeteranganBiaya
Tiket bus patas PP Jakarta-basecamp LawuRp400.000
Logistik perbekalan mendaki gunungRp150.000
Simaksi gunung LawuRp20.000
Makan saat bus transitRp15.000
Makan sebelum naik gunungRp25.000
Makan setelah turun gunungRp25.000
Jajan di warung mbok YemRp15.000
Ngerokok atau ngopi di warungRp15.000
  
Total biayaRp665.000

Jadi, estimasi biaya pendakian gunung Lawu dari Jakarta adalah Rp665.000 per orang. Untuk mode hemat, kamu dapat menghabiskan Rp625.000 per orang. Untuk mode boros, kamu dapat menghabiskan biaya Rp750.000 per orang.

Akhir kata, apakah ada informasi penting yang kami lewatkan terkait topik “estimasi pendakian gunung Lawu dari Jakarta?”. Jika ada, tolong ingatkan kami melalui kolom komentar sekarang. Kritik dan saran yang membangun akan sangat membantu kami dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada pendaki gunung.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *