7 Jenis Karpet Lantai Untuk Rumah Anda

Karpet merupakan alas yang digunakan dalam rumah untuk melapisi lantai. Keberadaan karpet di lantai rumah, akan membuat ruangan terasa lebih nyaman dan hangat. Khususnya untuk rumah yang ditinggali keluarga dengan anak-anak, maka bermain di atas karpet dapat menjadi alternatif terbaik daripada bermain di atas lantai.

Oleh sebab itu, mengenal apa saja jenis-jenis karpet lantai untuk rumah sangat penting. Informasi mengenai jenis-jenis karpet dapat membantu Anda memilih karpet yang paling awet dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketahui apa saja jenis-jenis karpet lantai pada pembahasan di bawah ini!

Macam – Macam Karpet Lantai Untuk Rumah

Ada beberapa jenis-jenis karpet lantai untuk rumah yang difavoritkan oleh banyak orang. Alasan mengapa karpet-karpet tersebut difavoritkan juga berbeda-beda. Berikut ini penjelasan mengenai jenis karpet lantai terbaik untuk rumah Anda dan alasannya:

  1. Karpet Wol
karpet lantai dari wol

Karpet wol merupakan karpet yang paling banyak diminati dari jenis-jenis karpet lantai untuk rumah lainnya. Karpet ini merupakan karpet bulu yang bahannya sangat halus. Daya tahan dari karpet ini juga sangat bagus. Jadi tidak mudah kotor dan tahan noda serta air. Hanya saja harga karpet wol termasuk mahal, tapi bisa bertahan puluhan tahun.

  • Karpet Sutra
karpet lantai dari sutra

Satu lagi jenis karpet lantai yang harganya cukup mahal adalah karpet sutra. Jenis karpet yang satu ini memiliki keindahan yang luar biasa dari desainnya. Jadi ketika diletakkan di lantai rumah, keindahan dari kain sutranya akan langsung menarik perhatian. Bahannya juga sangat lembut. Kelebihannya lainnya, bahan sutra juga dapat meredam suara.

  • Karpet Saxony
karpet saxony

Banyaknya jenis-jenis karpet lantai untuk rumah dapat membuat Anda bingung saat memiliihnya. Namun untuk Anda yang ingin karpet bulu yang cocok untuk ruang keluarga dan menjadi tempat bermain anak, maka pilihlah karpet saxony ini. Karpet ini dibuat dengan rajutan benang yang membuatnya terlihat elegan. Kelembutannya juga membuat anak betah bermain bahkan tidur di atasnya.

  • Karpet Polypropylene
Karpet Polypropylene

Anda butuh karpet lantai yang nyaman tetapi harganya terjangkau? Pilihlah karpet polypropylene ini. Karpet yang bahannya terbuat dari serat sintesis juga lembut dan mudah dibersihkan. Namun kekurangan dari karpet ini adalah warnanya lebih cepat pudar dibandingkan karpet dengan bahan lain. Jadi sebaik mungkin jagalah kebersihannya dan jangan terlalu sering dicuci.

  • Karpet Nilon
Karpet lantai dari nilon

Mirip dengan jenis karpet lantai sebelumnya, karpet dari bahan nilon juga terbuah dari bahan sintesis. Karpet ini memiliki permukaan yang halus dan lembut. Jika terkena noda juga sangat mudah dibersihkan. Hanya saja karpet ini jauh lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan karpet sebelumnya. Bobotnya yang tidak terlalu berat, membuatnya mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan.

  • Karpet Loop Pile
Karpet Loop Pile

Gabungan dari bahan wol, nilon, dan polypropylene menghasilkan karpet yang dinamakan loop pile. Jenis karpet ini bahannya sangat nyaman dan tahan lama. Karpet ini juga sangat cocok digunakan untuk melapisi lantai secara keseluruhan, tanpa khawatir mudah rusak karena terus menerus dilalui. Namun, jenis karpet ini tidak disarankan untuk Anda yang memelihara hewan di dalam rumah. Kuku dari hewan peliharan mudah tersangkut pada bahan karpet ini.

  • Karpet Vinyl
Karpet Vinyl

Terakhir, karpet vinyl adalah satu dari jenis-jenis karpet lantai untuk rumah yang bahannya paling berbeda. Karpet ini lebih tebal dari karpet lain, namun jauh lebih lentur. Permukaannya juga nyaman dipijak dan sangat cocok digunakan sebagai pelapis lantai rumah Anda.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai jenis-jenis karpet lantai untuk rumah Anda. Mana menurut Anda jenis karpet yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Segera gunakan dan rasakan kenyamannya di rumah Anda ya!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *