Makanan Khas Solo

Kuliner di setiap daerah di Indonesia memang memiliki keunikan tersendiri. Tak terkecuali bagi salah satu kota di Jawa Tengah yakni Solo. Meski jajaran spot wisatanya kurang seberagam dearah lain, semisal Jogja, bukan berarti Solo tak layak untuk dikunjungi.

Saat ini pemerintah setempat sudah mulai membangun beragam potensi wisata di daerah Surakarta. Nah, apabila kamu memiliki jadwal untuk berkunjung ke kota ini, maka jangan lewatkan beberapa makanan khas Solo berikut. Dijamin deh, keasliannya akan sulit kamu temukan di daerah lain.

Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Makanan Khas Solo
Foto by: https://www.instagram.com/dhora_kusumadewi/

1. Nasi Liwet

Siapa sangka nasi liwet yang kita kenal ternyata berasal dari kota Solo. Ciri khasnya terletak pada penyajiannya, yaitu nasi beserta lauk yang dipincuk dengan daun pisang. Isian lauknya pun bermacam-macam. Mulai dari sayur labu siam yang berpadu dengan gurihnya santan, ditemani dengan suwiran ayam dan telur telur sebagai sumber protein pada makanan ini.

Nah, kami merekomendasikan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu untuk mencoba olahan khas Surakarta ini. Berlokasi di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, warung ini buka mulai dari jam 4 sore hingga 1 dini hari. Sangat cocok bukan untuk kulineran malam?

2. Serabi Solo

Salah satu jenis kue ini tak kalah populer dan telah menyebar ke penjuru nusantara. Serabi, jajanan unik yang sudah menjadi ikon kota Solo sejak puluhan tahun lalu. Memiliki rasa yang manis dan gurih membuat siapa saja tak ingin menolaknya. Sekarang, serabi solo semakin berkembang dan banyak inovasi dengan topping yang beragam.

Satu tempat yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu Serabi Notosuman yang sudah beroperasi sejak tahun 1920. Lokasinya ada di Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan dan siap melayani konsumen dari pukul 5 pagi hingga 4 sore.

Apabila kamu kangen akan cita rasa serabi ini, kamu bisa mencoba resep dan cara membuatnya di website Tastynesia.com. Selain itu, kamu bisa menemukan beragam resep kue basah lainnya yang layak kamu coba sendiri di rumah.

3. Selat Solo

Makanan selanjutnya ini cukup unik, yakni memadukan daging dengan berbagai sayuran. Potongan daging ini disajikan berupa bistik dan ditemani dengan sayuran seperti wortel, tomat, buncis serta tak ketinggalan kentang goreng.

Nah, ada rekomendasi dari pengunjung yang pernah singgah di Solo, yakni Warung Selat Mbak Lies. Tempat ini telah memperoleh review 4,3 dari 4.800an pengunjung. Jika ingin mencoba, silahkan menuju ke Jl. Veteran Gg. II No.42, Kec. Serengan pada pukul 8 pagi hingga 6 sore.

4. Soto Kwali

Sajian soto di Indonesia memang sangat variatif. Daerah Solo juga menyumbang makanan khasnya bernama Soto Kwali. Ciri khas dari menu ini adalah soto yang diproses menggunakan Kwali yang berasal dari tanah liat. Nah, alat yang digunakan inilah yang menciptakan aroma khas dari Soto Kwali.

Eits, jangan salah. Bumbu-bumbu rahasia yang dimiliki secara turun-menurun juga menjadi pembeda dengan soto daerah lainnya. Kalau penasaran, silahkan mencoba di salah satu warung yang bernama Soto Kwali Pak Gino yang terletak di Jl. Letjen Suprapto No.21, Gilingan, Kec. Banjarsari. Jam bukanya mulai dari 6 pagi hingga 3 sore. Sangat cocok disantap untuk menu makan siang.

5. Sate Buntel

Seperti namanya, sate ini berupa daging kambing yang dicacah dan kemudian dibungkus dengan lemak tipis. Lemak bakar inilah yang menghadirkan aroma menggiurkan dan membuat siapa saja yang lewat tertarik untuk mencicipinya. Sate ini kemudian disajikan bersama sambal kecap yang dicampur dengan perasan jeruk nipis.

Konon, tokoh besar di Indonesia yakni Presiden Soeharto dan Joko Widodo sangat mengidolan menu ini loh. Apabila tertarik, kamu bisa mencobanya di Warung Sate Kambing “Pak Manto” yang ada di Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Kec. Laweyan. Kamu bisa menyambanginya di waktu 8 pagi hingga 8 malam. Menarik bukan?

Itulah 5 makanan khas Solo yang bisa kamu pilih. Sebetulnya masih banyak menu lain yang patut kamu coba. Tetapi setidaknya salah satu dari 5 diatas bisa kamu sambangi ya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *