Pengertian Harga

Harga merupakan salah satu hal yang penting dan harus ada dalam sistem manajemen pemasaran.

Harga seringkali digunakan oleh para penjual untuk memasarkan produknya, demi mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan harga pasar pada saat itu.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa pengertian harga yang harus Anda simak, seperti di bawah ini:

Pengertian Harga Menurut Para Ahli

1. Menurut Alma (2011:196)

Harga adalah satuan moneter atau ukuran lain yang berbentuk barang atau jasa, dimana terdapat proses tukar menukar agar bisa mendapatkan hak kepemilikan untuk menggunakan barang atau jasa tersebut.

Dengan begitu, konsumen akan merasa puas, karena sudah mendapatkan apa yang ia inginkan.

Bukan hanya konsumen, penjual pun bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual barang atau jasa, lalu menentukan sejumlah harga untuk kelancaran proses pembelian.

Selain itu, adanya harga akan membuat konsumen bisa membandingkan beberapa barang yang bisa dibeli dengan murah atau mahal, sesuai dengan kualitas yang diberikan.

2. Menurut Assauri (2014:223)

Harga ialah suatu unsur komponen mix atau campuran yang menghasilkan penerimaan dari penjualan barang atau jasa.

Harga ini seringkali disebut sebagai unsur yang penting dan wajib dalam sebuah pemasaran dibandingkan dengan unsur pemasaran lainnya.

Adanya harga akan membuat konsumen mudah untuk memilih dan memilah barang serta jasa yang berkualitas sesuai dengan harga yang ditentukan.

Selain itu, biasanya terdapat negoisasi, dimana konsumen dapat menawar sejumlah barang dengan harga yang sesuai standar pasar.

3. Menurut Kotler dan Keller (2009:67)

Menurut kedua ahli ini, harga ialah suatu elemen paling penting dan termudah yang ada dalam suatu markerting atau pemasaran.

Dengan harga trersebut, maka penjual dapat menghasilkan sebuah keuntungan atau pendapatan dari hasil penjualan barang atau jasa yang ia miliki.

Elemen harga biasanya disesuaikan dengan fitur produk, layanan jasa, serta kualitas yang diberikan oleh para penjual.

Disisi lain, harga juga ditentukan oleh proses komunikasi atau negosiasi dengan waktu cukup lama untuk mendapatkan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak.

4. Menurut Djaslim Saladin (2003:95)

Harga merupakan sejumlah uang yang digunakan untuk memperoleh produk atau jasa yang ditawarkan penjual kepada pembeli.

Harga seringkali Anda temukan di berbagai supermarket, mall, pasar tradisional dan modern, sampai warung kecil di pinggir jalan.

Semua kehidupan di seluruh dunia tidak akan lepas dari yang namanya harga.

Hampir setiap hari Anda akan menemukan beberapa harga untuk produk dan jasa berbeda, tergantung apa yang Anda butuhkan saat itu.

5. Menurut Effendi M. Guntur (2010:281)

Harga ialah sejumlah uang yang telah ditetapkan atas tagihan suatu barang atau jasa di sebuah tempat penjualan.

Selain itu, harga juga dapat diartikan sebagai nilai yang akan ditukarkan oleh para pelanggan untuk mendapatkan hak kepemilikan atau merasakan keuntungan dan manfaat atas jasa yang diberikan penjual.

Harga adalah salah satu unsur pemasaran yang sangat penting dan bisa meningkatkan traffic perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun produk itu sendiri.

Dengan adanya harga, seseorang bisa memiliki produk yang ia beli, begitu pula dengan penjual, ia akan mendapatkan keuntungan berupa hasil penjualan yang ia dapatkan.

Itulah beberapa pengertian harga menurut para ahli yang dapat Anda ketahui dan pahami. Setelah mengetahui pengertiannya dengan detail, kini dapat disimpulkan bahwa harga merupakan komponen yang penting dalam suatu pemasaran dan bisa digunakan untuk proses jual beli sesuai dengan standar pasarnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *