Perbedaan Android dan iOS

Smartphone terus mengalami perkembangan, terutama pada sistem operasinya. Karena saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok di seluruh dunia.

Sistem operasi smartphone yang banyak digunakan yaitu Android dan iOS. Keduanya mempunyai perbedaan yang cukup besar.

Perbedaan Android dan iOS dapat dilihat dari berbagai hal, termasuk tampilannya. Bahkan saat ini, banyak inovasi baru di dunia digital termasuk smartphone.

Perbedaan Android dan iOS

Sistem operasi Android dan iOS mempunyai keunggulan masing-masing. Baik dari performanya maupun tampilanya.

Sebagai konsumen, kamu bisa memilih sistem operasi smartphone tersebut sesuai kebutuhan. Karena masing-masing mempunyai fitur dan performa yang sangat menunjang aktivitas online.

1. Kustomisasi

Secara interface, Android dan iOS mempunyai gerakan sentuh yang sama, yaitu mengetuk dan menggeser.

Namun, dalam kustomisasi tampilan interfacenya mempunyai perbedaan. Sistem operasi Android dapat menambahkan shortcuts dan widget pada halaman utama.

Android juga bisa mengubah semua tampilan interface sesuai keinginan pengguna. Serta memanfaatkan aplikasi launcher untuk mendapat tampilan yang lebih menarik.

Pada iOS, kamu tidak bisa melakukan berbagai kustomisasi tersebut. Hanya notification bar saja yang bisa ditambahkan dalam Home.

2. Toko Aplikasi

Smartphone iOS banyak diminati oleh pengguna, meski dibandrol dengan harga fantastik. Karena perangkat tersebut hanya bisa didapatkan pada App Store resmi dari Apple saja.

Sedangkan Android mempunyai aplikasi Google Play yang bisa diakses dengan bebas dan mudah.

Kamu bisa mendapatkan berbagai aplikasi menarik secara free pada toko aplikasi tersebut. Bahkan dengan menggunakan semua smartphone yang berbasis Android.

Sistem operasi iOS hanya tersedia pada produk Apple. Sehingga untuk mendapatkan aplikasi harus menggunakan toko aplikasi resmi.

Hal ini cukup menyulitkan pengguna saat ingin mendapatkan aplikasi terbaru dan populer. Terlebih jika aplikasi tersebut belum tersedia pada iOS resmi.

Meskipun begitu, sistem operasi iOS mampu memberikan performa yang tidak dimiliki oleh sistem operasi Android.

3. Transfer Data

Transfer data menjadi aktivitas utama yang dilakukan pada berbagai smartphone. Baik transfer sesama ponsel maupun ke perangkat lain yaitu komputer.

Untuk sistem operasi Android bisa melakukan pengiriman data dengan bebas dan mudah ke berbagai perangkat.

Namun, iOS tidak menyediakan fitur sharing data ke perangkat lain. Sehingga pengiriman data sangat sulit, selain menggunakan iTunes.

Perangkat iOS dikenal dengan perangkat anti sosial. Hal itu karena keterbatasan transfer data pada perangkat lain, termasuk Android.

Kamu bisa berbagai data dengan fitur bluetooth atau USB dengan perangkat Android. Hal ini membuat perangkat Android mudah diretas karena keamanan yang tidak terlalu tinggi.

Sedangkan iOS mempunyai keamanan yang sangat tinggi. Serta tidak mudah diserang oleh virus yang dapat merusak file penting kamu.

4. Model Sumber

Perbedaan Android dan iOS juga terletak pada model sumbernya. Android mempunyai model yang terbuka atau open source.

Model tersebut membuat setiap perangkat Android dapat dimodifikasi oleh pengguna secara bebas.

Sedangkan untuk perangkat iOS menggunakan model sumber tertutup atau closed source. Model tersebut membuat kamu tidak bisa mengubah tampilan perangkat dengan bebas.

Hal itulah yang membuat sistem operasi Android mudah diserang dan diretas. Terutama serangan virus yang berbahaya dan merusak data dalam ponsel.

5. Asisten Virtual

Asisten virtual sangat membantu pengguna dalam memanfaatkan smartphonenya. Terutama untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa menggunakan bantuan untuk membuka aplikasi, memasang alarm, dan sebagainya.

Dalam sistem operasi Android mempunyai asisten virtual yaitu Google Assistant. Fitur ini menawarkan berbagai hiburan dan permainan  yang beragam.

Pada sistem operasi iOS mempunyai asistant virtual bernama Bantuan Siri. Fitur tersebut tidak bisa menyediakan hiburan secara bebas. Sehingga lebih kaku dan monoton.

Pada perbedaan Android dan iOS mempunyai performa masing-masing dalam menunjang ponsel. Sehingga kamu bisa memilih sistem operasi tersebut sesuai kebutuhan, selera, dan budget yang ada.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *