Prinsip-Prinsip Pembelajaran

Prinsip-prinsip pembelajaran merupakan suatu pernyataan fundamental atau sebuah kebenaran umum atau individual yang dijadikan suatu pedoman untuk melakukan cara berfikir serta bertindak.

Ada beberapa prinsip dari pembelajaran yang telah kami simpulkan dari Situs Pendidikan Cryptowi.com, yaitu sebagai berikut:

Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Wajib Anda Ketahui

Prinsip pembelajaran memang memberikan Anda kemudahan, prinsip-prinsip tersebut bisa Anda ketahui di bawah ini:

1. Perhatian dan Motivasi

Dalam prinsip pembelajaran, perhatian sangat penting dilakukan agar pembelajaran yang diberikan pendidik tidak menjadi sia-sia.

Tanpa adanya perhatian dari peserta didik, maka proses pembelajaran tidak bisa disebut sebagai belajar.

Perhatian bisa timbul dikarenakan pelajaran yang ia ambil sesuai dengan kebutuhan dan membuatnya termotivasi untuk mempelajarinya secara luas.

Dari perhatian yang dilakukan dengan serius, muncullah motivasi yang membuat peserta didik bersemangat untuk terus belajar.

Mereka menyadari bahwa pembelajaran itu sangat penting bagi masa depannya, sehingga membuatnya ingin ahli di bidang yang sedang ia pelajari.

2. Keaktifan

Proses belajar akan dirasakan oleh para peserta didik apabila ia aktif dalam menanggapi pembelajaran yang diberikan oleh pendidik.

Tanpa adanya keaktifan atau peserta didik itu sendiri, maka belajar tidak bisa dilakukan, karena ilmu yang akan didapatkan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain.

Hal ini merupakan alasan kenapa setiap peserta didik tidak bisa dipaksakan untuk bisa menguasai semua jenis mata pelajaran yang ada di sekolah.

Ada kemungkinan peserta didik hanya aktif di beberapa mata pelajaran dan membuatnya penasaran untuk selalu bertanya dan mendapatkan ilmu lebih banyak dari pelajaran yang ia minati.

3. Keterlibatan Langsung Atau Memiliki Pengalaman

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap peserta didik pasti memiliki potensinya masing-masing yang akan dikembangkan secara optimal ke arah yang lebih baik.

Pengembangan potensi tersebut dapat dilakukan dengan cara belajar yang melibatkan langsung peserta didik untuk memberikan pengalaman, sehingga mereka bisa mengambil hikmah dari setiap hal yang telah dilakukan.

Dalam hal ini, keterlibatan langsung secara fisik saja tidak akan berpengaruh terlalu baik kepada peserta didik.

Para pendidik harus bisa merancang sistem pembelajaran secara sistematis agar bisa melibatkan peserta didik secara fisik, mental, emosional dan mental yang mereka miliki.

Dengan begitu, setiap peserta didik akan mendapatkan pengalaman masing-masing dari proses pembelajaran yang mereka lakukan setiap harinya.

Hal ini pun akan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membuat suasana di kelas tidak terlalu membosankan.

4. Pengulangan

Dalam belajar, pengulangan sangat penting dilakukan agar peserta didik bisa memahami pembelajaran secara baik dan mengingatnya sampai kapan pun.

Pendidik harus memberikan materi yang sama berulang kali sampai peserta didiknya bisa mengerti dan memahami setiap materi yang diberikan.

Adanya pengulangan ini akan berdampak baik bagi para peserta didik di masa depan nanti.

Mereka bisa menghapal dan mengingat setiap mata pelajaran yang diikuti dan mengamalkannya dalam suatu lingkungan yang ia tempati.

5. Tantangan

Prinsip pembelajaran yang kelima ini bisa pendidik lakukan untuk membuat peserta didik lebih aktif dan mencoba untuk memberikan ide kreatif tentang jawaban dari tantangan yang pendidik lakukan.

Tantangan tersebut bisa diwujudkan dalam beberapa bentuk kegiatan, seperti kegiatan berkelompok, berdiskusi atau menjawab kuis yang diberikan pendidik kepada peserta didiknya.

6. Perbedaan Individual

Para pendidik harus mengetahui bahwa setiap peserta didik memiliki karakter dan keunikan terrsendiri dalam belajar. Hal ini terbukti dari perbedaan emosional, cara berfikir, berrpendapat dan sebagainya.

Dengan begitu, pendidik harus bisa menjadi seseorang yang mengerti akan hal ini dan memberikan suatu pembelajaran yang dapat diterima oleh semua peserta didik yang bersangkutan.

Itulah prinsip-prinsip pembelajaran yang harus Anda ketahui dan dipahami saat akan memulai pembelajaran di kelas. Usahakan semua prinsip tersebut dapat Anda terapkan di dalam kelas dan mampu menilai setiap pribadi peserta didik dengan bijak.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *