7 Tipe Rumah Menurut Luas Bangunan

Tipe rumah dapat diklasifikasikan berdasarkan luas bangunan, dilihat dari segi dimensi hingga kebutuhan ruang. Mungkin Anda merasa kurang familiar dengan berbagai tipe rumah menurut luas bangunan. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai berbagai jenis tipe rumah yang penting Anda ketahui sebelum memutuskan membeli atau membangun rumah.

Dengan Anda mengetahui tipe rumah, tentu akan lebih mudah menentukan desain yang sesuai agar lahan yang ada dimanfaatkan secara optimal. Yuk langsung saja simak artikel berikut ini!

7 Tipe Rumah Yang Populer di Indonesia Berdasarkan Luas Bangunan

1. Tipe Rumah 21

Rumah tipe 21 diartikan sebagi rumah yang memiliki luas bangunan 21 meter persegi dengan luas dimensi 6×3,5 meter, 3×7 meter, atau 5,25×4 meter. Tipe rumah ini merupakan tipe paling kecil yang umumnya dibangun oleh developer. Biasanya terdiri dari satu kamar tidur, sebuah kamar mandi, dan sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur atau ruangan multifungsi. Rumah tipe 21 ini paling cocok untuk hunian pasangan muda yang belum dikaruniai anak atau bisa juga menjadi pilihan investasi dengan menjadikannya rumah sewa.

 

2. Tipe Rumah 36

 Hunian  tipe 36 terbilang pilihan yang paling populer di Indonesia. Luas bangunan 36 meter persegi, dimenasinya 9×4 meter atau 6×6 meter. Biasanya lengkap dengan adanya 2 kamar tidur, 1 kamar tidur, dapur, dan ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Hunian ini sudah cukup untuk keluarga kecil, terlebih harganya pun masih relatif terjangkau.

Nah, ada juga sebutan rumah tipe 36/60 atau 36/72, yang artinya rumah tersebut dibangun di atas tanah seluas 60 atau 72 meter persegi. Tipe rumah 36 juga kerap dipilih bagi orang yang tertarik melakukan investasi dibidang properti. Misalnya. Kebutuhan tipe rumah 36 yang cukup tinggi sehingga akan lebih mudah untuk dijual kembali di kemudian hari.

3. Tipe Rumah 45

Tipe hunian tipe 45 ini biasanya dibangun di atas tanah seluas 96 meter persegi atau disebut juga rumah tipe 45/96. Dimensinya 8×5,6 meter atau 6×7,5 meter lengkap dengan dua kamar tidur, sebuah kamar mandi dan dapur, ruang keluarga serta ruang tamu. Selain itu, juga memiliki teras depan dan taman minimalis di belakang rumah. Dibanding tipe 21 dan 36 yang bisa dijadikan pilihan investasi, tipe rumah satu ini lebih cocok sebagai pilihan hunian bersama keluarga dan tipe rumah ini sangat cocok untuk desain rumah minimalis 2 lantai

4. Tipe Rumah 54

Tipe rumah 54 banyak diburu kalangan menengah ke atas karena lebih unggul dari segi luas bangunan dan biasanya dibangun 2 lantai. Ukuran paling proposional dari tipe rumah 45 adalah 9×6 meter persegi atau 13,5×4 meter. Biasanya akan dibangun lengkap dengan 3 kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang keluarga, ruang tamu serta taman yang cukup lapang. Pilihan tipe rumah ini  lebih cocok untuk keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang lebih besar karena selain memiliki jumlah kamar yang lebih banyak, umumnya juga memiliki tapak dan luas ruang yang lebih tapak.

5. Tipe Rumah 60

Dengan luas bangunan mencapai 60 meter persegi, tipe rumah 60 termasuk ke dalam tipe rumah besar yang lebih diperuntukkan masyarakat menengah hingga menengah ke atas. Tipe rumah ini umumnya memiliki 3 kamar tidur juga dilengkapi 1 kamar tidur tambahan untuk asisten rumah tangga. Selain itu, terdapat 2 kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu, garasi mobil dan teras depan maupun belakang rumah. Dimensi dari tipe rumah 60 biasanya 6×10 meter atau 8×7 meter.

Untuk kavling dengan ukuran panjang yang kurang  memadai, tipe rumah 60 bisa dibangun menjadi rumah 2 lantai.

6. Tipe Rumah 70

Selanjutnya, ada rumah tipe 70 yang merupakan tipe rumah relatif luas dan paling banyak di buru oleh masyarakat kalangan atas. Dimensi tipe hunian ini bervariasi, mulai dari 7×10 meter hingga 5×14 meter. Jumlah kamar dari tipe rumah ini hampir menyerupai tipe 60, namun dengan desain dan perbedaan kebutuhan terkadang tipe rumah 70 dibangun hingga memiliki 4 kamar tidur.  Rumah tipe 70 biasanya dibangun dua lantai untuk memanfaatkan luas kavling.

7. Tipe Rumah 120

Kategori yang terakhir ini tergolong mewah dan memungkinkan Anda untuk bebas mengeksplorasi desain dengan berbagai gaya arsitektur. Rumah tipe 120 merupakan kategori rumah paling lapang dengan luas bangunan hingga 120 meter persegi. Dimensinya bisa bervariasi mulai dari 10×12 meter atau 8×15 meter persegi. Pada umumnya, rumah ini memiliki 3 hingga 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruangan dapur tersendiri, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, beranda belakang, dan carport yang bisa menampung dua mobil sekaligus.

Nah, ketika Anda akan memilih tipe rumah, pastikan terlebih dahulu tujuan dari penggunaannya, apakah untuk disewakan atau sebagai tempat tinggal. Jika Anda adalah pasangan baru dan memilih rumah tipe 21 atau 36 untuk dihuni bersama, pastikan apakah luas kavling memungkinkan untuk  pengembangan atau renovasi rumah, baik itu menambah luas atau menambah lantai ketika anggota keluarga Anda telah bertambah kelak.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *