Tips Buka Usaha Servis Komputer

Zaman sekarang kebutuhan akan komputer dan laptop semakin bertambah, berbeda dengan zaman dahulu, dimana  pekerjaan yang berkaitan dengan pengetikan dilakukan menggunakan mesin tik.

Sejalan dengan hal tersebut, jasa atau usaha servis komputer dan laptop semakin berkembang.

Hampir semua pekerjaan kantor sekarang dikerjakan menggunakan komputer atau laptop. Sayangnya, komputer atau laptop jika digunakan terus menerus dapat mengalami penurunan kinerja bahkan berisiko menyebabkan kerusakan.

Tips Membuka Usaha Servis laptop dan komputer

Peluang membuka jasa servis komputer terbilang cukup besar.

Sehingga, tidak mengherankan apabila banyak orang yang tertarik untuk mencoba keuntungan di bidang ini.

Untuk itu, jika Anda ingin membuka jasa servis komputer, perhatikan tips berikut ini.

1. Miliki kemampuan dan keahlian

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika akan membuka jasa servis komputer dan laptop yaitu memiliki kemampuan dan keahlian.

Sebenarnya, banyak orang yang bisa mengoperasikan komputer. Akan tetapi, biasanya orang-orang hanya bisa megoperasikannya saja.

Ketika terjadi kerusakan atau penurunan kinerja, lazimnya orang tidak mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Masalah itulah yang dijadikan peluang usaha.

Maka, bagi Anda yang memiliki kemampuan memperbaiki komputer atau laptop dapat menjadikannya sebagai pekerjaan.

Sekarang hampir semua kalangan membutuhkan laptop, dari pelajar hingga pekerja.

Tak heran, kebutuhan akan jasa servis komputer atau laptop juga semakin dibutuhkan. Apabila Anda ingin mengambil kesempatan ini, milikilah keahlian di bidang komputer.

Keahlian dan kemampuan memperbaiki komputer bisa didapat melalui dunia perkuliahan, kursus hingga otodidak.

Jika Anda memiliki keahlian memperbaiki komputer atau laptop tentu saja Anda akan lebih siap membuka jasa servis komputer.

2. Miliki tempat untuk memulai usaha servis

Sebenarnya memulai usaha jasa servis komputer tidaklah sulit. Anda hanya perlu memiliki tempat untuk memulai usaha servis.

Ruangan yang dibutuhkan juga tidak terlalu luas, 4 x 5 meter sebenarnya cukup untuk dijadikan tempat untuk memulai usaha servis.

Dengan kata lain, Anda dapat memiliki jasa servis komputer atau laptop, jika di rumah Anda memiliki ruangan dengan ukuran yang telah disebutkan.

Akan lebih baik jika rumah Anda berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau orang.

Akan tetapi, jika rumah Anda berada di tempat yang jauh dan kurang strategis, sebaiknya pilihlah opsi menyewa tempat di lokasi yang strategis.

Anda juga disarankan untuk mencari lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau kampus.

Jika Anda telah memutuskan untuk menyewa tempat, Anda juga bisa menambahkan jenis usaha Anda seperti jasa pencetakan foto dan sebagainya.

Bila perlu, Anda juga bisa menyediakan stok aksesoris komputer seperti mouse, kabel data, dan sebagainya.

3. Perhatikan cara pemasaran

Tips terakhir yang harus diperhatikan saat akan membuka jasa servis laptop dan komputer yaitu marketing atau cara pemasarannya.

Hal ini sama pentingnya dengan membuka usaha atau jasa servis komputer dan laptop itu sendiri.

Tak sedikit orang memiliki keahlian memperbaiki komputer dan laptop. Sayangnya, sangat sedikit orang yang mengerti cara mempromosikan keahliannya kepada khalayak umum.

Alhasil, orang tersebut hanya bisa memasarkan jasa di kalangan keluarga atau teman saja.

Apabila Anda memiliki kepercayaan diri pada keahlian yang Anda miliki, tidak ada salahnya memasarkan jasa Anda kepada orang-orang. Cobalah untuk memasarkan jasa Anda ke lembaga seperti sekolah atau kampus.

Anda juga bisa memasarkan jasa Anda ke perusahaan yang seluruh pekerjaannya bergantung pada komputer dan laptop. Dengan demikian, Anda akan mendapat testimoni untuk usaha Anda sehingga Anda akan mendapat konsumen berikutnya.

Ikuti tips mudah buka usaha servis komputer di atas sebelum memutuskan untuk membuka jasa servis komputer.

Hal ini dikarenakan untuk memulai sesuatu perlu persiapan, sehingga apabila ada kendala sekalipun, Anda tidak terlalu bingung untuk menanggapinya seperti apa.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *