Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah acara sakral yang menjadi impian semua orang. Tidak heran jika banyak calon pengantin mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak jauh-jauh hari.

Dengan persiapan yang tidak sebentar itulah, tentu saja biaya yang dikeluarkan juga tidaklah sedikit. Bahkan banyak pasangan yang hrus menabung sejak lama untuk mewujudkan pernikahan impian mereka.

Untuk itulah berikut ini bebrapa tips menghemat biaya pernikahan yang bisa dicoba. Dengan menerapkan tips berikut ini maka kedua mempelai bisa menggelar pernikahan impian tanpa terhambat oleh pengeluaran yang membengkak.

6 Tips Menghemat Biaya Pernikahan

1. Gunakan Undangan Online

Salah satu tips menghemat biaya pernikahan adalah menggunakan undangan online. Hal ini tentu selaras dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih.

Mencetak undangan tentu akan menambah budget karena harga kertas atau kartu yang cukup mahal. Untuk itulah undangan online bisa menjadi solusi yang tepat karena bahkan  bisa didapatkan secara gratis.

Sekarang ini banyak sekali website yang menyediakan jasa pembuatan undangan dengan berbagai desain. Selain menghemat biaya, undangan online juga dinilai lebih praktis karena bisa menjangkau undangan lebih luas.

Banyaknya desain dengan berbagai tema bisa dipilih dan disesuaikan dengan tema pernikahan agar lebih matching.  Tentu hal ini akan sangat menarik bukan?

2. Kurangi Jumlah Tamu Undangan

Selain mengganti undangan cetak dengan undangan online, tips menghemat biaya pernikahan lainnya adalah dengan mengurangi jumlah undangan. Terlalu banyak tamu seringkali membuat kedua mempelai justru merasa asing di pernikahannya sendiri.

Undanglah rekan kerja, sahabat, teman baik dan kerabat yang memang dekat agar tercipta suasana pernikahan yang hangat. Dengan begitu akan membuat acara pernikahan semakin berkesan dan tidak terlupakan.

Untuk jumlahnya sendiri bisa disesuaikan dengan venue pernikahan yang dipilih. Misalkan jika menikah di gedung, dengan waktu yang cukup terbatas tentu tidak bisa mengundang terlalu banyak orang.

Mengundang terlalu banyak tamu undangan justru akan membuat suasana ruangan semakin sesak. 200 undangan idealnya sudah cukup untuk sebuah acara pernikahan baik yang berlangsung di rumah maupun gedung.

3. Manfaatkan Keterampilan Teman Atau Kerabat

Menikah butuh biaya yang tidak sedikit karena segala sesuatunya ditentukan berdasarkan budget yang dipatok oleh kedua calon mempelai dan keluarga. Namun tidak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan keterampilan orang terdekat.

Salah satu contohnya adalah jika memiliki rekan atau kerabat dengan keahlian fotografi dan makeup artist. Selain bisa mendapatkan harga terjangkau, mempelai juga akan lebih nyaman karena menggunakan jasa orang terdekat.

Kedua mempelai juga lebih bebas menyampaikan keinginannya agar pernikahan bisa berlangsung sesuai yang diimpikan. Hal ini karena kedua mempelai tidak perlu merasa sungkan dengan kerabat atau rekan sendiri.

4. Membuat Souvenir Sendiri

Tips menghemat biaya pernikahan lainnya adalah membuat souvenir sendiri. Ada beragam souvenir yang bisa dijadikan pilihan untuk dibawakan kepada tamu undangan. Tentu saja selain berkesan juga bermanfaat bagi undangan.

Jika memesan pada jasa pembuat souvenir tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pun bergantung pada jumlah tamu yang diundang. Semakin banyak undangan, hal itu berpengaruh pada jumlah souvenirnya.

Sekarang ini banyak sekali tutorial souvenir DIY yang bisa dicontoh di youtube ataupun media internet lainnya. Calon pengantin bisa membuat sendiri kreasi souvenir yang sederhana namun berkesan dan berguna.

5. Pilihlah Venue yang Terjangkau

Menyewa gedung pernikahan menjadi salah satu biaya terbesar karena bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta untuk sekali sewa. Untuk itulah calon mempelai bisa mengakalinya agar tetap bisa menghemat biaya.

Pilihlah venue dengan lokasi outdoor karena biasanya harga sewanya jauh lebih murah. Sesuaikan dengan konsep pernikahan agar tampak lebih serasi.

Contohnya adalah hutan pinus, taman bunga, atau yang lainnya. Di samping harga sewa yang terjangkau, tamu undangan juga akan merasa nyaman karena pemandangan alam yang indah di sekitar lokasi pernikahan.

6. Pilihlah Waktu Yang Tepat

Tips selanjutnya adalah dengan memilih waktu pernikahan yang tepat. Maksudnya adalah memilih hari kerja  untuk menggelar pernikahan. Hal ini karena harga sewa gedung biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan weekend.

Banyak venue pernikahan yang memberikan harga standar ketika hari kerja. Untuk itulah manfaatkan waktu tersebut untuk menggelar acara pernikahan. Dengan begitu sisa pengeluaran untuk gedung bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, calon pengantin juga bisa memilih menu yang umum saja untuk menghemat pengeluaran. Berbagai menu tradisional dan mudah dibuat seperti bakso, soto, dll bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pemilihan waktu yang tepat akan membantu calon pengantin dalam mengatur budget agar lebih hemat. Sehingga bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya seperti membuat seragam keluarga maupun yang lainnya.

Nah itulah 6 tips menghemat biaya pernikahan yang patut dicoba untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Dengan begitu maka, bisa digunakan untuk keperluan lain yang juga bersifat penting.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *